EKSKUL di SMK NEGERI 3 METRO

1. PENCY

Kegiatan ekstrakurikuler ini bernama Pen Cyber SMK Negeri 3 Metro, yang di singkat PENCY. PENCY adalah sebuah organisasi yang menggawangi Website SMK Negeri 3 Metro (smkn3metro.sch.id). PENCY dibentuk pertama kali pada tahun pelajaran 2009/2010 oleh kepala SMK Negeri 3 Metro. Struktur organisasi PENCY di sahkan oleh Surat Keputusan (SK) kepala SMK Negeri 3 Metro, SK pertama kali dikeluarkan di Metro, tanggal 09 September 2009 , yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi PENCY SMK Negeri 3 Metro.

Visi dan Misi kami yakni:
Visi PENCY adalah:
Menjadi Motivator Kreatifitas Siswa Dalam Teknologi Informasi.

Misi PENCY adalah :
1. Mengelola dan mengembangkan Website SMK Negeri 3 Metro (smkn3metro.sch.id).
2. Memberikan informasi tentang SMK Negeri 3 Metro secara menarik dan edukatif.
3. Menyiapkan kader siswa yang cerdas dan kompetitif di bidang teknologi informasi.
4. Mendidik siswa dalam mengelola dan mengembangkan organisasi.
5. Mendidik siswa agar bermental disiplin, tanggung jawab dan jujur yang didasari iman dan taqwa

****DON'T SAY EASY BEFORE YOU TRY !****


2. PASKIBRA

SALAM PASKIBRA...!!!!
Paskibra, ekskul yang udah nggak aneh lagi ini udah jadi fenomena menarik, kegiatan pelajar produk asli Indonesia yang punya tugas utama mengibarkan bendera ini begitu mewabah hingga mungkin partai partai asal jadi yang ada di Indonesiapun kalah lengkap. dari mulai kota besar hingga desa. Berkembangnya ekskul yang satu ini sebenarnya menjawab kejenuhan pelajar terhadap ekskul yang selama ini ada. Hal yang sangat disayangkan adalah banyak sekolah yang kurang mendukung diadakannya kegiatan Paskibra ini. Banyak yang masih menganggap bahwa kegiatan paskibra hanyalah sekumpulan pelajar yang berbaris panas. Padahal hanya dibalik semua itu tersimpan potensi yang sangat besar




 
3. PRAMUKA


Pramuka…Pramuka…Praja Muda Karana…
Pramuka…Pramuka…Praja Muda Karana…

Riuh salam Pramuka di atas sering qta denger dari para gugus Pramuka. Salam itu makin terasa membara karena diselingi tepukan-tepukan tangan yang beritme. Tentunya, mereka nggak asal mengucapkan salam itu.  Jiwa dinamis Pramuka yang haus pelatihan bermanfaat akhirnya disimbolkan dengan tunas hijau di lengan sisi kanan seragam mereka. Coba ikuti kegiatan yang dimotori Robert Baden Powell ini, dijamin kamoe nggak akan kecewa dech. Kalo ada yang bilang Pramuka nggak asyik, coba cek dulu dech! Soalnya, temen-temen di skul qta yang pernah ikutan Pramuka bilang, kegiatan ini seruuuu bangetttt. Banget!!!



4. ROHIS

Rohis berasal dari kata "Rohani" dan "Islam", yang berarti sebuah lembaga untuk memperkuat keislaman. Rohis biasanya dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler (ekskul). Padahal fungsi Rohis yang sebenarnya adalah forum, mentoring, dakwah, dan berbagi

Visi & Misi Rohis SMK N 3 Metro yakni:
Visi:
Memajukan ROHIS SMK N 3 Metro dengan Program kerja yang baru
Misi:
Menjalankan semua kegiatan rohis, Menendatangani semua undangan dari semua kegiatan rohis sekolah lain, Membuat prokja rohis yang bermutu.




5.  PMR

Palang Merah Remaja atau PMR adalah wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja yang dilaksanakan oleh Palang Merah Indonesia. Terdapat di PMI Cabang seluruh Indonesia dengan anggota lebih dari 1 juta orang[1]. Anggota PMR merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.

Untuk mendirikan atau menjadi anggota palang merah remaja disekolah, harus diadakan Pendidikan dan Pelatihan Diklat untuk lebih mengenal apa itu sebenarnya PMR dan sejarahnya mengapa sampai ada di Indonesia, dan pada diklat ini para peserta juga mendapatkan sertifikat dari PMI. Dan baru dianggap resmi menjadi anggota palang merah apabila sudah mengikuti seluruh kegiatan yang diadakan oleh palang merah remaja disekolah.


6. ENGLISH CLUB

English Club (EC)…

Salah satu ekstrakurikuler di SMK Negeri 3 Metro yang menitik beratkan pada keahlian berbahasa Inggris adalah English Club. Seperti yang telah kita ketahui, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling popular di kalangan masyarakat dunia (general language in the world). Atas dasar itulah, maka diadakannya ekskul EC ini akan sangat membantu para siswa untuk dapat mengembangkan kemampuan berbahasa inggrisnya.


7. PECINTA ALAM


Eksul Pecinta Alam ini terbilang cukup baru, namun ekskul ini mempunyai tujuan yang sangat bermanfaat bagi  lingkungan sekitar. Baik lingkungan sekolah maupun lingkungan luar, yang menjadi dasar terbentuknya ekskul ini adalah dari kejelian ketua ekskul ini sendiri. Selain dinikmati keindahannya, lingkungan sekitar juga perlu diperhatikan dan dilestarikan. Itu yang diharapkan dari adanya ekskul Pecinta Alam ini.Sebagai tindak lanjutnya para anggota ekstrakulikuler ini telah berupaya untuk melestarikan lingkungan sekitar dengan berbagai kegiatan. event-event yang telah dilaksanakan antara lain:
1. Tadabur Alam
2 DIKSAR (Pendidikan Dasar) bagi anggota-anggota  baru ekskul ini
3. Bakti Sosial
4. Penghijauan Sekolah
5. Pertemuan Rutin Setiap hari Sabtu seusai Pulang Sekolah
Dengan adanya ekskul Pecinta Alam ini, ketua ekskul, Bayu Ari Wibowo berharap dengan adanya kegiatan-kegiatan peduli terhadap lingkungan, akan menumbuhkan rasa kepedulian bagi setiap anggotanya yang lain. Serta menjaga ikatan persaudaraan antar anggota untuk dapat saling bekerja sama dalam melestarikan alam sekitar.


8. SEPAK BOLA

Sepak Bola merupakan cabang olahraga yang sangat populer di masyarakat. Di Indonesia olahraga jenis ini sudah sangat merakyat. Demikian halnya bagi warga SMK Negeri 3 Metro. Dengan melihat keadaan ini maka kegiatan Extrakurikuler dibentuk dan dikembangkan dengan harapan mampu mengembangkan talenta dengan harapan dapat berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat maupun untuk lebih berprestasi di masa yang akan datang.

Sasaran
Sasaran Siswa
: Peserta adalah kelas X, XI dan XII
Sasaran Kegiatan :1. Mampu menggali, mengembangkan dan membina siswa dalam bidang Sepak Bola
2. Mampu menoreh prestasi di Kecamatan maupun di Kabupaten Blitar.
Strategi Pembinaan dan Pelatihan :1. Latihan Fisik
2. Latihan Teknik
3. Pemahaman tentang Peraturan Permainan
Pembina dari Ekskul sepak bola SMK Negeri 3 Metro ini adalah Bpk Eko Sulistiyono, S.Pd


9. KARYA ILMIAH REMAJA

 KIR (Karya Ilmiah Remaja) adalah salah satu ekstrakurikuler yang ada di SMKN3 Kota Metro yang mempunyai slogan "FUN WITH SCIENCE"!!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DATA SMK NEGERI 3 METRO

PROFILE SMK NEGRI 3 METRO